SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER dan PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
PENGGOLONGAN
ALAT PENGOLAHAN DATA :
1. Peralatan manual :
yaitu
peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam
pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik : yaitu peralatan
yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
3. Peralatan Mekanik Elektronik : Peralatan
mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik : Peralatan yang
bekerjanya secara elektronik penuh
SEJARAH KOMPUTER
Sejarah
perkembangan komputer dibagi dalam 2 tahap, yaitu :
·
Sebelum tahun 1940
·
Setelah tahun 1940
SEBELUM TAHUN 1940
CONTOH
ALAT PENGOLAHAN DATA :
1. ABACUS
Prinsip kerja :
melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser
yang diatur pada sebuh rak.
2. KALKULATOR RODA
NUMERIK
Ditemukan oleh Blaise
Pascal 1692
Prinsip kerja :
· Menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk
menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.
· Alat ini
merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.
·
Kelemahan alat
ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.
3. KALKULATOR RODA
NUMERIK 2
Ditemukan oleh Gottfred Wilhem von
Leibniz, tahun 1964
Prinsip kerja :
·
Membuat mesin yang dapat
mengalikan
· Bekerja dengan roda-roda
yang bergerigi
·
Oleh Leibniz alat ini lebih
disempurnakan
4. KALKULATOR MEKANIK
Ditemukan oleh Charles Xavier Thomas
de Colmar
Prinsip kerja :
Melakukan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian.
SETELAH
TAHUN 1940DIBAGI DALAM 5
( LIMA ) GENERAS Generasi Pertama (1946-1959) :
·
Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube
·
Program dibuat dengan bahasa mesin ;
ASSEMBLER
·
Ukuran fisik komputer sangat besar
·
Cepat panas
·
Proses kurang cepat
·
Kapasitas penyimpanan kecil
·
Memerlukan daya listrik yang besar
·
Orientasi pada aplikasi bisnis
Generasi Kedua (1959-1964) :
·
Sirkuitnya berupa transistor
·
Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat
tinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL
·
Kapasitas memori utama sudah cukup besar
·
Proses operasi sudah cepat
·
Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
Berorientasi pada bisnis dan teknik
Generasi Ketiga (1964-1970) :
·
Komponen yang digunakan berupa IC ( Integrated Circuit
)
·
Pemrosesan lebih cepat
·
Kapasitas memori lebih besar lagi
·
Penggunaan listrik lebih hemat
·
Bentuk fisik lebih kecil
·
Banyak bermunculan application software
Generasi Keempat (1970-1990) :
·
Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI )
·
Dikembangkan komputer micro yang menggunakan micro
processor
& semiconductor yg
berbentuk chip untuk memori komputer
·
LSI memiliki ciri-ciri, yakni :
·
Proses pengolahan data semakin cepat
·
Masa pakai komponen lebih lama
·
Kehandalan komponen lebih baik
·
Ukuran fisik semakin kecil
Generasi Kelima (sejak 1990 an) :
·Komputer pada generasi ini mengembangkan komputer yang bisa bercakap dengan manusia sehingga
bisa meniru intelegensi manusia
·
Dikenal juga dengan sebutan Generasi Pentium.
Generasi Keenam ( abad 21 ) :
·
Generasi ini
adalah generasi masa depan
yang nantinya dikenal dengan
Generasi Titanium.
SISTEM KOMPUTER
Jaringan dari elemen-elemen yg saling berhubungan,
membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok
HARDWARE
Peralatan
dari sistem komputer yang secara fisik
terlihat dan terjamah
SOFTWARE
Program
yang berisi perintah untuk melakukan
pengolaahan data
BRAINWARE
Manusia
yang terlibat dalam mengoperasikan serta
mengatur
sistem komputer.
PENGENALAN HARDWARE
Komponen Pokok Hardware Komputer :
·
Alat Input
·
Alat Proses
·
Alat Penyimpanan
·
Alat Output
·
Alat Komunikasi
ALAT INPUT
·
Keyboard
·
Pointing device
·
Scanner
·
Sensor
·
Voice Recognize
·
Punch
Card
·
Pita
Magnetic
·
Disk
Magnetic
ALAT PROSES
C P U
( Central Processing Unit )
Tempat pemrosesan
instruksi-instruksi program
ALAT PENYIMPANAN
MAIN MEMORY
Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan
dari hasil pengolahan
REGISTER
Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses
EXTERNAL
MEMORY
Dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen ( simpanan
luar )
ALAT OUTPUT
MACAM-MACAM KELUARAN :
·
Tulisan
·
Image / gambar
·
Suara
·
Bentuk lain yayng dapat dibaca komputer
PENGENALAN SOFTWARE
BAHASA PEMROGRAMAN
·
Bahasa Mesin ; Assembler
·
Bahasa Tingkat
Tinggi
- Menggunakan Compiler sebagai
penterjemah ;
Fortran, LISP, Cobol, RPG, dsb
- Menggunakan Interpreter sebagai
penterjemah ; Basic, Pascal, Bahasa C,
dsb
·
Bahasa
Generasi Ke-4 ; Informix, Oracle, dsb
SYSTEM SOFTWARE
·
Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar
tertentu yang diperlukan semua pengguna untuk komputer.
·
Contoh perangkat lunak sistem yakni ; sistem
operasi (operating system), program utilitas, dan penerjemah bahasa ( language
translator)
SYSTEM OPERATING
·
software yang berfungsi untuk mengaktifkan
seluruh perangkat yang terpasang pada
komputer sehingga masing-masing dapat berkomunikasi
·
Tugas sistem operasi menentukan program yang mana
dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka
gunakan
·
Contoh sistem operasi : Linux ,Windows , Mac OS
PROGRAM UTILITAS
·
Program utilitas berfungsi membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan
sistem operasi
·
Contoh program utilitas, yakni :
·
Program Antivirus
mengidentifikasikan dan
menghapus virus-virus dalam memori, media penyimpanan, dan file yang akan
dimasukkan.
·
Utilitas Pengompres File
Memperkecil ukuran untuk membebaskan
ruang dan meningkatkan kinerja. Contoh compres file yaitu WinZip, WinRar dll.
·
Software CD/DVD Burning
Membaca teks, grafik,
audio, dan file video untuk dapat direkam ulang atau dibaca ulang oleh CD atau
DVD
PENERJEMAH BAHASA
·
Ada 3 jenis software komputer penerjemah bahasa, yaitu
:
·
Assembler : menerjemahkan kode sumber ke bahasa
rakitan ke dalam mesin
·
Komplier : mengkonversi semua kode sumber selain dalam
bahasa rakitan ke kode objek
·
Interpreter : menerjemahkan satu per satu instruksi
dalam kode sumber, lalu menjalankan instruksi yang terlah diterjemahkan
APPLICATION SOFTWARE
·
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau
disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis
secara umum, aplikasi khusus dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan
produktifitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas
perorangan.
·
Contoh : Microsoft Office (word, excel, powerpoint),
CorelDraw X4, photoshop dll
PENGENALAN BRAINWARE
SYSTEM ANALIS
·
Orang yang merancang suatu
system
PROGAMMER
·
Orang yang membuat program
END-USER
·
Orang yang
menggunakan komputer
secara langsung
PENGOLAHAN DATABASE
Database
·
Merupakan
kumpulan dari data yang saling berhubungan
satu dengan yang lainnya, tersimpan pada
hardware komputer dan digunakan software untuk
memanipulasinya
·
Kumpulan
dari beberapa File.
File
·
Terdiri dari
record-record yang menggambarkan satu
kesatuan data yang sejenis.
Record
·
Kumpulan dari
beberapa field.
Field
·
Menggambarkan
suatu atribut yang menunjukkan
suatu item dari data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar